| dc.description.abstract | Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) apakah ada pengaruh kemandirian 
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP 
Muhammadiyah 57 Medan ? 2) berapa besar kah pengaruh kemandirian terhadap 
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 
Medan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian terhadap 
hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 
Medan dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh kemandirian terhadap hasil 
belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 57 Medan.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Instrumen penelitian menggunakan 
angket dan tes uraian dengan materi SPLDV.Teknik pengumpulan data 
menggunakan test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji 
normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis dan uji koefisiensi determinasi 
(R2
). Berdasarkan hasil penelitian dan uji satsitik dengan menggunakan software 
batuan SPSS version 25 diketahui dengan uji hipotesis mendapatkan nilai Sig. untuk 
pengaruh variabel kemandirian belajar siswa (X) terhadap variabel hasil belajar 
matematika siswa (Y) adalah sebesar 0,004 < 0,05 atau nilai sig yakni 0,004 lebih 
kecil dari 0,05, dan t hitung mendapatkan nilai sebesar 1,961 > t tabel 1,697 atau 
nilai t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarakan haisl uji koefisiensi determinasi 
R Square mendapatakan nilai sebesar 0,130, hal tersebut memiliki makna 
bahwasanya kemampuan variabel independen yakni kemandirian belajar siswa 
(X1) mempengaruhi variabel hasil belajar matematika siswa SMP Muhammadiyah 
57 Medan (Y) adalah sebesar 13,0% | en_US |