Abstract:
Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu masih rendahnya Kemampuan
Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam menyelesaikan soal matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative
Learning Type Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep
Matematis Siswa Smp Muhammadiyah 07 Medan. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 07 Medan sampel penelitian ini adalah 32 sampel. Teknik
pengambilan sampel yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini merupakan tes pada materi aljabar. Data
yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini bahwa uji t
mendapatkan nilai sig sebesar 0,000 artinya < 0,05 dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative learning type mind mapping
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Muhammadiyah
07 Medan.