DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SRIWIDARI, NURI
dc.date.accessioned 2022-11-10T07:36:16Z
dc.date.available 2022-11-10T07:36:16Z
dc.date.issued 2022-11-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19410
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar akuntansi siswa kelas X SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2021/2022 melalui penerapan Model Problem Based Learning pada materi pokok jurnal umum. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan Test dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata rata belajar siswa pra siklus hanya 62,5 dengan persentase 22,22%. Setelah diterapkannya model pembelajaran problem based learning pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa mencapai 77,77 dengan persentase 80,55% sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 84,42% dengan persentase 91,66%. Tanggapan siswa mengenai model pembelajaran problem based learning adalah 100% menyenangkan, siswa menjadi aktif dan membantu memahami materi pelajaran. en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account