Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar akuntansi siswa kelas
X SMK PAB 2 Helvetia Medan T.A 2021/2022 melalui penerapan Model
Problem Based Learning pada materi pokok jurnal umum. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap
siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan,
pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri
dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan
Test dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
problem based learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Nilai rata rata belajar siswa pra siklus hanya 62,5 dengan persentase 22,22%. Setelah
diterapkannya model pembelajaran problem based learning pada siklus I rata-rata
hasil belajar siswa mencapai 77,77 dengan persentase 80,55% sedangkan pada
siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 84,42% dengan persentase
91,66%. Tanggapan siswa mengenai model pembelajaran problem based learning
adalah 100% menyenangkan, siswa menjadi aktif dan membantu memahami
materi pelajaran.