Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan untuk: mengetahui penerapan pola komunikasi guru
akidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa di Mts Aisyiyah Medan, faktor
pendukung dan penghambat pola komunikasi guru akidah akhlak dalam
pembinaan akhlak siswa di Mts Aisyiyah Medan. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini adalah
penelitian digolongkan kedalam penelitian deskripstif kualitatif. Data dikumpulkan
dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Proses pola
komunikasi guru akidah akhlak terhadap pembinaan akhlak siswa kelas IX di Mts
Aisyiyah Medan yaitu menggabungkan ketiga pola komunikasi yang sering
dilakukan, namun pada saat-saat tertentu guru akidah akhlak hanya menggunakan
satu pola komunikasi.seperti pola komunikasi satu arah, pola komunikasi antar
pribadi atau komunikasi dua arah, dan komunikasi kelompok atau komunikasi
banyak arah.