Abstract:
Rendahnya kemampuan matematika murid pada materi geometri ruang disebabkan
salah satunya karena rendahnya kemampuan spasial murid sehingga peneliti
mendesain sebuah media pembelajaran berupa alat peraga tepak sirih. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan desain pengembangan alat peraga tepak sirih
terhadap kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang terpancung.
Penelitian ini adalah pengembangan(RnD) menggunakan model pengembangan 4-
D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap
perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen penelitian
adalah angket uji kelayakan ahli dan instrument evaluasi hasil belajar. Berdasarkan
hasil validasi ahli, dari hasil penilaian akhir pada IPPP-1 oleh ketiga ahli dengan
rata-rata skor 3,72 dengan persentase 93,0% memenuhi kriteria layak. Hasil
penilaian akhir pada IPPP-2 oleh ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,83 dengan
persentase 95,8% memenuhi kriteria layak. Serta hasil penilaian akhir IPPP-3 oleh
ketiga ahli dengan rata-rata skor 3,69 dengan persentase 92,4% memenuhi kriteria
layak. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan
alat peraga tepak sirih terhadap kemampuan spasial siswa pada materi bangun ruang
terpancung layak digunakan.