DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP HARAPAN MEKAR MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RITONGA, SISKA YULI KARTIKA
dc.date.accessioned 2022-11-03T07:16:02Z
dc.date.available 2022-11-03T07:16:02Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19169
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh model Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan. (2) bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar siswa SMP Harapan Mekar Medan. (2) untuk mengetahui bagaimana peningkatan proses pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar siswa SMP Harapan Mekar Medan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan yang berjumlah 24 orang dengan jumlah 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Postest. Instrument penelitian menggunakan essay tes tentang bilangan berpangkat dan bentuk akar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhit (posttest). Teknis analisis data menggunakan uji normalitas. Uji hipotesis digunakan untuk uji t dan uji determinan.dan hasil penelitian menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired-sample t test) menggunakan SPSS 22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terbukti bahwa diterima ditolak. Dan hasil uji determinan yang dilakukan diperoleh sebesar 1,30%. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Student Facilititor and Explaining terhadap hasil belajar matematika siswa SMP Harapan Mekar Medan dan adapun peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Student Facilitator And Explaining adalah sebesar 1,30%. en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Student Facilitator en_US
dc.subject Explaining en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP HARAPAN MEKAR MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account