Abstract:
LILI ANGGRAINI (1704300140/AGRIBISNIS) dengan judul skripsi “
Strategi pemasaran udang vannamei di UD. MITRA GROUP (Kasus: Desa
Pantai Cermin Kiri Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang
Bedagai). Penelitian ini dibimbing oleh bapak Muhammad Thamrin, S.P., M.
Si. Sebagai ketua komisi pembimbing dan bapak Surnaherman, S.P., M. Si.
Sebagai anggota komisi pembimbing. Tujuan penelitian ini antara lain : 1.
Bagaimana Strategi Pemasaran Udang Vannamei di UD. Mitra Group di Desa
Pantai Cermin Kiri, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, 2.
Bagaimana faktor Internal dan Eksternal dalam menentukan kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman bagi UD. MITRA GROUP Di Desa Pantai Cermin Kiri,
Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai. Proses pengumpulan
data di lakukan pada Maret 2022. Lokasi penelitian dipilih karena diwilayah ini
terdapat Desa yang membudidayakan udang vannamei.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa disimpulkan strategi yang digunakan
adalah Strategi Agresif. Strategi Agresif ini lebih fokus kepada SO ( Strength Opportunities), yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan
peluang yang ada. Dari segi internal perusahaan kekuatan lebih besar dari pada
kelemahan dapat dilihat daeri hasil perhitungan yaitu nilai kekuatan 1,999 dan
nilai kelemahan 1,084. Contoh dari kekuatan yaitu pelayanan UD yang baik dan
memuaskan, Produk yang berkualitas, Segmentasi, Targetting dan Posisitioning
perusahaan jelas, memiliki konsumen tetap, memiliki pengalaman kerja yang
baik. Kemudian dari segi eksternal peluang lebih besar dari pada ancaman. Dapat
dilihat dari hasil perhitungan yaitu dengan nilai peluang sebesar 1,967 dan nilai
kelemahan 1,281. Contoh peluang dari perusahaan yaitu kepercayaan dan
perkembangan teknologi dan informasi, pengaruh peran masyarakat sekitar,
adanya pemasaran keluar kota atau keluar negri (ekspor)