Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekan contextual teaching
and learning (ctl) terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Al Washliyah 3 Medan T.A 2022/2023. Yang menjadi populasi dalam dalam
penelitian ini yaitu 1 kelas berjumlah 21 siswa, teknik pengambilan sampel yaitu
dengan total sampling sehingga populasi sekaligus menjadi sampel dalam
penelitian ini yaitu kelas X Akl-1, instrument yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes tertulis berbentuk esai tes yang berjumlah 10 soal. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Eksperimental Desaign. Teknik
analisis data yang digunakan dengan menggunakan ujii paired sampel test dengan
uji beda. Hasil dari penelitian ini yaitu: bahwa dari hasil pretest yang telah
diperoleh kelas X SMK Swasta Al- Washliyah 3 Medan dengan nilai rata- rata
sebesar 69% dan nilai post-test dengan rata- rata 83%. Perhitungan uji-t pada nilai
t post-test(62.327) ˃ pretest (55.484) yang artinya terdapat perbedaan rata-rata
pada nilai pretest dan post-test. Dengan demikian kesimpulannya adalah adanya
pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (ctl) terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Al- Washliyah 3 Medan T.A
2022/2023.