dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa
setelah penerapan media pembelajaran interaktif Nearpod pada materi pokok
jurnal umum di SMK YPK Medan Tahun Ajaran 2022/2023.
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian
siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK YPK Medan. tindakan ini
yang dilakukan pada peneltian ini adalah dengan menerapakan media
pembelajaran interaktif Nearpod. Guru menjelaskan materi seperti biasa sesuai
panduan RPP dan media Nearpod digunakan untuk sarana evaluasi agar
pembelajaran tidak membosankan, menarik dan siwa menjadi aktif. Penelitian ini
dilakukan dengan 2 siklus dan informasi dari siklus yang terdahulu sangat
berpengaruh pada siklus selanjutnya karena digunakan sebagai penentu. Data
peneltian ini meliputi tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas siswa.
Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif
Nearpod dapat meningkatkan hasil belajar Akuntansi siswa SMK YPK Medan.
Nilai rata-rata belajar siswa pra siklus hanya mencapai 60,76 dengan persentase
23,07%. Setelah diterapkan media pembelajaran Nearpod pada siklus I rata-rata
hasil belajar mencapai 78,46 dengan persentase 82,05%, sedangkan pada siklus II
rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 86,82 dengan persentase ketuntasan
94,87%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran Nearpod adalah 100%
menyenangkan, siswa menjadi aktif dan membantu memahami materi pelajaran. |
en_US |