dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang wajib diperoleh oleh setiap
anak dari usia dini hingga menengah atas. Kegiatan belajar mengajar yang
merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan.
Matematika merupakan salah satu bidang ilmu dasar yang memiliki peranan
penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan juga universal
yang mendasari perkembangan teknologi modern. Pada saat ini pembelajaran
matematika pada materi himpunan jarang sekali menggunakan bahan ajar (selain
buku teks). Maka dari itu perlu dikembangkan bahan ajar lainnya selain bahan ajar
teks seperti bahan ajar gamifikasi agar peserta didik menjadi tertarik dan
termotivasi untuk menggunakan sebuah produk dan mempunyai efek positif.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah terciptanya
bahan ajar gamifikasi pada materi himpunan pada peserta didik SMP
Muhammadiyah 07 Medan. Adanya hasil terciptanya bahan ajar gamifikasi dapat
membantu perkembangan aspek kognitif peserta didik, proses pembelajaran
menjadi lebih interaktif dan efisien membuat peserta didik menjadi lebih antusias
dan termotivasi dalam belajar, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan
peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. |
en_US |