Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan pelaksanaan
evaluasi manajemen pembelajaran kemuhammadiyaan pada masa pandemi covid 19 di SMP Muhammadiyah 04 Medan. Pendekatan yang dilakukan dalam peneltian
ini yaitu pendeketan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru,
dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yaitu menganalisis dokementasi dan hasil observasi. Dari penelitian
ini dapat disimpulkan bahwa Proses pembelajaran kemuhammadiyaan pada masa
daring berlangsung secara baik dan efisien, Pelaksanaan proses perencanaan
manajemen pembelajaran dilakukan setiap hari senin – sabtu yang dilakukan
secara bergantian atau gelombang dimana, setiap satu kelas dibagi menjadi 2
bagian. Proses pembelajaran juga menggunaan 3 tahap yaitu, kegiatan pembuka,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. Metode yang digunakan adalah metode
ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi dan metode Tanya jawab dan
Sekolah menggunakan evaluasi informative dan evaluasi sumatif.