dc.contributor.author |
AULANDA, NOFI |
|
dc.date.accessioned |
2022-10-14T08:32:48Z |
|
dc.date.available |
2022-10-14T08:32:48Z |
|
dc.date.issued |
2022-10-14 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18741 |
|
dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengaruh model
Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP
YPK Medan. (2) bagaimana peningkatan Kemampuan berpikir kreatif matematika
siswa dengan menggunakan model Quantum Learning. Tujuan penelitian ini
adalah: (1) Mengetahui pengaruh model Quantum Learning terhadap kemampuan
berpikir kreatif matematika siswa SMP YPK Medan. (2) Memperkenalkan kepada
siswa tentang proses pembelajaran dengan menggunakan model Quantum
Learning. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B
SMP YPK Medan yang berjumlah 26 orang yaitu 12 orang siswa laki-laki dan 14
siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain
penelitian One Group PretestPosttest. Instrumen penelitian menggunakan essay
tes tentang garis dan sudut. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal
(pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat
(uji normalitas dan uji homogenitas) uji hipotesis (uji-t). Dan hasil penelitian
menggunakan uji-t sampel berpasangan (paired-sample t test) menggunakan SPSS
22 yang menghasilkan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0
ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Quantum Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP
YPK Medan dan besar peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika SMP
YPK Medan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning
adalah sebesar 0,62% |
en_US |
dc.subject |
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika |
en_US |
dc.subject |
Model Pembelajaran Quantum Learning |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP YPK MEDAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |