dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan bahwasanya dalam menumbuhkan kemampuan siswa dalam karakter literasi Al-Quran ini perlu diterapakannya implementasi penguatan pendidikan karakter melalui literasi Al-Quran siswa, Rumusan masalah yang diteliti adalah untuk mengetahui proses, penghabat, dan peranan sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui literasi Al-Quran siswa di SMP Muhammadiyah 57 medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengimplementasi penguatan pendidikan karakter melalui literasi Al-Quran siswa di SMP Muhammadiyah Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan desriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) kegiatan budaya literasi Al-Qur’an memberikan motivasi kepada siswa dan memberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami ayat yang dibaca. (2) Masih ada beberapa siswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dikarnakan tidak semua siswa fokus dalam melakukan literasi Al-Qur’an serta prasarana dan sarana yang tidak memadai. (3) Sekolah memberikan pelatihan-pelatihan pendidikan karakter. |
en_US |