dc.description.abstract |
Karakter positif menjadi salah satu permasalah yang terjadi dari masa ke masa. Banyak sekali siswa yang memiliki karakter yang masih rendah yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, sehingga karakter positif yang terbentuk dalam diri siswa kurang baik dan banyak siswa yang kehilangan jati diri dan martabatnya sebagai generasi penerus. Bimbingan kelompok dalam penelitian ini merupakan proses pemberian bantuan kepada sejumlah individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok untuk meningkatkan segala potensi yang dimiliki sejumlah individu serta untuk memperoleh informasi baru yang akan di bahas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter positif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2021/2022. Objek didalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Bandar yang berjumlah 8 orang yang memiliki karakter positif yang masih rendah. Pelaksanaan layanan dilakukan dalam satu siklus layanan bimbingan kelompok. Desain penelitian dalam penelitian ini yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dan informasi dalam penelitian ini maka dilakukan observasi dan wawancara. Teknik analisi data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok yang di terapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2021/2022 dapat meningkatkan karakter positif siswa. |
en_US |