dc.description.abstract |
Pada penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja
peserta didik bidang datar berbasis budaya Padang dengan model pembelajaran
missouri mathematics project (MMP) yang valid, praktis, dan efektif digunakan
untuk peserta didik di tingkat SMP kelas VII. Metode pengembangan yang
peneliti gunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model
Plomp yang terdiri dari 5 fase yaitu (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3)
fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi dan revisi, dan (5) fase
implementasi. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
lembar validasi dan angket respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Swasta PAB 19 Manunggal dengan peserta didik kelas VII yang berjumlah
11 orang. Berdasarkan hasil validasi terhadap produk LKPD yang dikembangkan
didapat bahwa produk LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan
skor rata-rata oleh ahli materi 3,73 dan ahli media 3,82. Berdasarkan angket
respon peserta didik terhadap produk LKPD yang dikembangkan didapat bahwa
produk LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan skor rata rata 3,86. Berdasarkan tes hasil belajar didapat bahwa produk LKPD yang
dikembangkan dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketercapaian peserta
didik 81,81%. |
en_US |