DSpace Repository

Penggunaan Metode Muthala’ah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP IT Al-Jawahir

Show simple item record

dc.contributor.author YUNINGSIH, ATIKA
dc.date.accessioned 2022-06-03T04:42:14Z
dc.date.available 2022-06-03T04:42:14Z
dc.date.issued 2022-06-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18171
dc.description.abstract Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir. Fokus masalah yang akan dikaji yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 2) Bagaimana pelaksanaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 3) Bagaimana penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab di SMP IT Al-Jawahir. 4) Bagaimana evaluasi dalam penggunaaan metode muthala’ah di SMP IT Al-Jawahir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yakni, tahap pendahuluan (persiapan), pengembangan rancangan, dan pelaksanaan penelitian. Objek penelitian ialah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa arab dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi : wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil peneltian ini diketahui bahwa penggunaaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas IX di SMP IT Al-Jawahir meliputi: guru melakukan perencanaan terlebih dahulu atau menyiapkan kerangka belajar dengan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab sebelum melakukan proses belajar mengajar. dan setelah itu pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dengan metode muthala’ah guru memilih salah satu siswa untuk dijadikan alat atau contoh bagi siswa lainnya, dan guru bahasa arab tidak hanya menggunakan siswa saja untuk dijadikan alat, akan tetap menggunakan alat lainnya seperti infokus, atau lainnya. Guru melaksanakan pembelajaran dengan menyuruh siswa untuk membaca bagian dari pembahasan baru. Dalam penggunaan metode muthala’ah pada mata pelajaran bahasa arab yakni dengan Tajmi, yaitu membaca dengan melakukan terlebih dahulu, menampilkan huruf-huruf terpisah, lalu siswa-siswa menyatukannya dalam bentuk jumlah atau kalimat yang sempurna dan latihan membaca cepat. Kemudian dengan muwa’imah/muwafiqah yaitu latihan dengan melakukan penglihatan dan membaca cepat dan terakhir melakukan evaluasi dalam pembelajaran agar mengetahui hasil dari proses belajar mengajar pada saat pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode muthala’ah dengan melaksanakan kuis atau pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran yang telah dilakukan seperti: tebak arti, tanya jawab antar guru dan siswa dan juga melakukan ulangan harian. en_US
dc.subject Penggunaan Metode Muthala’ah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab en_US
dc.title Penggunaan Metode Muthala’ah Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IX SMP IT Al-Jawahir en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account