Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya yang ditempuh guru
bahasa arab dalam membangkitkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
arab di SMP IT Al-jawahir, untuk mengetahui bagaimana metode guru dalam
pembelajaran muhadatsah, untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh
guru dalam upaya membangkitkan minat belajar siswa.
Penilitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. analisis
data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau
verifikasi. uji keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjang kehadiran,
meningkatkan ketekunan, dan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan
trianggulasi waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan oleh guru
dalam membangkitkan minat belajar siswa dengan mempersiapkan pembelajaran
sebelum pelajaran dimulai, menggunakan metode-metode yang menarik, menjelaskan
dahulu pembelajaran bahasa arab, memberikan motivasi kepada siswa agar lebih
mencintai pelajaran bahasa arab, memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya. (2) mempersiapkan materi untuk muhadatsah, menyesuaikan muhadatsah
dengan taraf kemampuan siswa, meminta siswa untuk menghafalkan muhadatsah dan
mempraktekkannya di depan kelas secara bergantian. (3) kendala yang sering terjadi
menurut sebagian besar siswa bahwa bahasa arab sulit, dan kebanyakan dari siswa
juga dari sekolah SD yang memang tidak pernah belajar bahasa arab.