dc.description.abstract |
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu bagaimana
strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kompetensi membaca
Al-Qur’an siswa, dan apa saja faktor yang mendukung serta yang menghambat
strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan kompetensi membaca
Al-Qur’an siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan
menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu
koleksi data, kondensasi data, data display, dan data penarikan kesimpulan.
Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode,
dan triangulasi waktu. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru
adalah: Pertama, guru mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan
membaca Al-Qur’an, dengan menggunakan strategi sorogan, klasikal individu,
dan klasikal baca simak. Metode yang digunakan metode Iqra, Qiro’ati, Tajwid,
dan Hafalan. Kedua, guru membiasakan membaca Al-Qur’an sebelum memulai
pelajaran. Ketiga, guru memberikan latihan hafalan Al-Qur’an. Sementara faktor
pendukung strategi guru adalah orang tua, peranan dan perhatian kepala sekolah
serta minat dan motivasi siswa untuk terus belajar Al-Qur’an dan faktor
penghambat strategi guru adalah keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana
dan prasarana. |
en_US |