DSpace Repository

PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINION SHOPPING TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKRTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020

Show simple item record

dc.contributor.author RITONGA, SALFIA RIANA
dc.date.accessioned 2022-05-31T08:09:14Z
dc.date.available 2022-05-31T08:09:14Z
dc.date.issued 2022-05-31
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/18114
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk pengaruh kondisi keuangan perusahaan, opinion shopping terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur sub sekrtor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020, baik itu secara parsial maupun secara simultan. Pennelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis linear berganda. Adapun hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara kondisi keuangan terhadap opini audit going concern pada Perusahaan makanan dan minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020 yang ditunjukan pada thitung lebih besar dari ttabel (3,816 > 2,001) dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis ini menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan kondisi keuangan terhadap opini audit going concern. Nilai Fhitung sebesar 11,862 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000, sedangkan Ftabel diketahui sebesar 2,77. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (11,862 > 2,77) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kondisi keuangan, opini shopping secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap opini audit going concern bersih pada Perusahaan makanan dan minuman yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Nilai R-Square diatas adalah sebesar 36,1 % hal ini berarti bahwa 36,1 % variasi nilai laba bersih ditentukan oleh peran dari variasi nilai kondisi keuangan, opini shopping. Dengan kata lain kondisi keuangan, opini shopping dalam mempengaruhi opini audit going concern adalah sebesar 36,1% sedangkan sisanya 63,9% adalah dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti laba bersih, agresivitas pajak dan lain sebagainya. en_US
dc.subject Kondisi keuangan perusahaan en_US
dc.subject opinion shopping en_US
dc.title PENGARUH KONDISI KEUANGAN PERUSAHAAN, OPINION SHOPPING TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKRTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2016-2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account