DSpace Repository

Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Yayasan Pendidikan Az-Zuhri

Show simple item record

dc.contributor.author Rosidin, Muhammad
dc.date.accessioned 2022-05-27T04:57:56Z
dc.date.available 2022-05-27T04:57:56Z
dc.date.issued 2022-05-27
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17955
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji masalah menganalisis kesesuian isi, penyajian, bahasa dan kegrafikan pada buku fiqih kurikulum 2013 jenjang Madrsah Tsanawiyah kelas VII terbitan Mawaridussalam Press. Dalam bukunya yang berjudul Pelajaran Fiqih dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku ajar atau buku teks.. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, karena lebih menekankan pada pengumpulan data yang bersifat kualitatif (tidak berbentuk angka). Jenis penelitiannya adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan dokumen berupa buku-buku ajar fiqih terbitan Mawaridussalam Press yang diterbitkan tahun 2015 sebagai obyek utamanya. Teknik pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan buku ajar fiqih kelas VII semester I dan semester II dari segi isi kurang sesuai dengan indikator penilaian kelayakan isi buku, karena belum sesuai dengan kurikulum 2013 mata pelajaran yang berkaitan. Dari segi penyajian secara umum belum sesauai dengan indikaotor penilaian kelayakan penyajian tersebut. Penilaian dari aspek kelayakan kebahasaan juga belum sesuai dengan belum sesuai dengan EYD dan ada beberapa kekeliruan bahasa yang terdapat pada buku ajar ini. Kemudian, penilaian dari segi aspek kegrafikan buku. Seacara umum, penilaian dari aspek kegrafikan buku belum sesuai dengan berdasarkan Pusat Perbukuan Nasional. en_US
dc.subject Buku Ajar en_US
dc.subject Mata Pelajaran en_US
dc.title Analisis Kelayakan Isi Buku Ajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Yayasan Pendidikan Az-Zuhri en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account