Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an bagi siswa di SMA Al-Hidayah Medan dan
untuk mengetahui upaya meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan
ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an di SMA Al-Hidayah Medan. Adapun jenis
penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Alat
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dokumentasi dan dianalisis melalui triangulasi data. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan dalam pelaksanaan
ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an menggunakan strategi ekspositori,
menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi, menggunakan model
pembelajaran langsung dan evaluasi, serta memberikan pemahaman nilai-nilai
membaca Al-Qur’an dan memberikan semangat dengan melalui ceramah dengan
upaya untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
tilawah Al-Qur’an