Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh model
Pembelajaran AIR (Auditory, Intelectually, Repetition) TerhadapHasilBelajarSiswaPada
Mata PelajaranAqidahAkhlak Di SMP Muhammadiyah 07 Medan. Sedangkan yang
menjaditujuandalampenelitianiniadalahuntukmengetahuiPengaruh Model Pembelajaran
AIR (Auditory, Intelectually, Repetition TerhadapHasilBelajarSiswaPada Mata
PelajaranAqidahAkhlak Di SMP Muhammadiyah
07 Medan.
Jenispenelitianiniadalahpenelitianeksperimen,
penelitianeksperimeninimasukkedalamkategoripenelitiankuantitatif.
Populasiinidiambildariseluruhsiswa SMP Muhammadiyah 07 sebanyak 406 orang
danSampel yang diambilsebesar 38 siswa di kelas VIII-3 dan 38 siswa di kelas VIII-4.
Penelitianinidilakukanmenggunakanbeberapateknikpengumpulan
data
yaitutes,
dokumentasi, danobservasiPengolahan data inimenggunakanrumus product moment,
validitas, reliabilitas, danujihipotesis. Berdasarkanhasilanalisa data yang
diperolehdenganmenggunakankoefesienkorelasi product moment dengantabelnilai r
padatarafsignifikan 5 % dan 1 % yaitu 0, 263 > 0,366 > 0,388
dandapatdisimpulkanbahwaadanyapengaruhterhadaphasilbelajarAqidahAkhlak di SMP
Muhammadiyah 07Medan denganmenggunakan model pembelajaran AIR (Auditory,
Intelectually, Repetition).