Abstract:
Salah satu rangkaian penting dalam dunia pendidikan (belajar
mengajar) adalah penggunaan waktu yang dialokasikan untuk mentransfer ilmu
dan pengetahuan kepada anak didik dalam hal ini adalah siswa. Adalah suatu
kemustahilan jika di dalam dunia pendidikan tidak sediakan waktu, meskipun
tenaga pendidiknya berkwalitas, sarana dan prasarana memadai, serta
lingkungan begitu strategis, tapi tidak adanya waktu untuk mentransfer ilmu
tersebut, maka semua itu tidak akan bermanfaat. Keprofesioanalan guru juga
dapat terlihat dengan kematangannya dalam mengelola waktu yang disediakan
untuk mentransfer ilmunya. Semakin baik seorang guru dalam memanajemenkan
waktunya, maka akan semakin baik pula hasil akhir pengajaran yang akan
didapatkan Penelitian ini dilakukan terhadap 50 orang siswa kelas VIII MTs
Teladan yang dijadikan sample penelitian. Alat pengumpulan data adalah
lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil angket diolah datanya dengan
tabulasi untuk mengetahui frekuensi, persentase, dan analisisnya.
Berdasarkan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa : . Manajemen waktu
guru siswa kelas VIII MTs Teladan secara umum baik, dimana rata-rata mereka
memperoleh skor hasil tes yang baik.