Abstract:
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan
prestasi siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka dalam mata pelajaran
Al-Quran Hadits dengan implementasi penggunaan metode drill and practice.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat
kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tukka dan
sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII. Kelas VIII
menggunakan metode ceramah yang digunakan guru Al-Quran Hadits
sebelumnya dan metode drill and practice digunakan peneliti kelas VII untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua metode
setiap kelasnya. Pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan mulai dari : Dialog
awal, tindakan ini diawali dengan perbincangan antara peneliti dengan guru mata
pelajaran Al-Quran Hadits tentang penggunaan metode pada siswa kelas VII dan
VIII. Siklus I, setelah mendapatkan keterangan lengkap tentang apa masalah yang
terjadi pada siswa Mata Pelajaran Al-Quran Hadits, peneliti dan guru melihat hasil
lapor siswa dan peneliti menemukan nilai rata-rata siswa dibawah nilai kkm.
Peneliti berkonsultasi kepada guru metode apa yang digunakan guru saat
melakukan pembelajaran di kelas. Peneliti mencoba memberikan saran agar
menggunakan metode drill and practice saat pembelajaran dimulai. Setelah
menemukan permasalahan peneliti dan guru mata pelajaran Al-Quran Hadits
sependapat untuk membuat rencana awal dan menerima pendapat peneliti
menggunakan metode drill and practice.
Pembelajaran yang sedang berlangsung peneliti melakukan pembelajaran
ke kelas VII dan VIII. Pada kelas VII menggunakan metode drill and practice,
ii
pada kelas VIII menggunakan metode ceramah. Pada saat pembelajaran
berlangsung guru mengamati peneliti mengimplementasika metode tersebut.
Diakhir siklus nantinya akan diadakan refleksi terhadap tahapan-tahapan yang
telah dilakukan untuk mencari kelemahan saat pembelajaran berlangsung nantinya
dan akan dijadikan acuan pada siklus berikutnya agar mencapai kesempurnaan
dalam pembelajaran Al-Quran Hadits.