dc.description.abstract |
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: Pertama,
gaya mengajar apa yang digunakan guru pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022. Kedua, apa kendala yang dihadapi
guru dalam menerapkan gaya mengajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022. Ketiga, apa solusi yang dilakukan
guru dalam menyempurnakan gaya mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak di
MTs Nurul Furqoon Binjai TP. 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Akidah Akhlak, serta siswa siswi
kelas VII MTs Nurul Furqoon Binjai. Metode pengumpulan data yang digunakan
berupa observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Gaya mengajar yang
digunakan guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai
adalah gaya mengajar teknologis dan gaya mengajar interaksional. Gaya
mengajar teknologis yaitu gaya mengajar menggunakan media perangkat lunak
dan biasanya digunakan pada saat proses pembelajaran menggunakan metode
audio visual biasanya pada materi pelajaran Asmaul Husna. Gaya mengajar
interaksional yaitu gaya mengajar dimana guru dan siswa berperan aktif dan
biasanya digunakan pada proses pembelajaran secara berkelompok maupun
Tanya jawab. Kedua, Kendala yang dihadapi guru pada saat menggunakan
gaya mengajar teknologis yaitu kurangnya media untuk mendukung proses
pembelajaran dan gaya mengajar interaksional yaitu kurangnya pengertian siswa
dengan pembelajaran secara berkelompok dan tanya jawab sehingga proses
pembelajaran menjadi ribut dan tidak kondusif. Ketiga, Solusi yang dilakukan
guru mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Nurul Furqoon Binjai yaitu dengan
membawa media yang dibutuhkan dari rumah agar proses pembelajaran berjalan
dengan lancer dan mengevaluasi kembali hal apa yang membuat keributan pada
proses pembelajaran berkelompok dan tanya jawab. |
en_US |