dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
agama islam dengan menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah di SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan
Agama Islam dengan metode ceramah, dan apa perbedaan hasil belajar siswa dengan
menggunakan metode mind mapping dan menggunakan metode ceramah di SMP
Muhammadiyah 47 Sunggal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif Eksperimen dengan metode
Quasi Eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 35siswa kelas VII A untuk kelas eksperimen,
Dan untuk kelas VII B berjumlah 36siswa kelas control. Teknik pengambilan sampel yaitu
sampel Acak Sistematis, Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes berbentuk
essay yang telah diuji validitas, realibilitas dan hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa
Perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode mind mapping dan metode ceramah pada
mata pelajaran pendidikan Agama Islam di kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar
siswa secara signifikan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat
dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam pada
kelas eksperimen dan kelas control mendapatkan reabilitas X1, X2 dan Y = 0,194 Sedangkan
hasil analisis data dengan uji t di peroleh nilai t hitung = 1,51 Sehingga hasil perhitungan
menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t table= 0,138(t hitung3,89 t tabel 1,28). |
en_US |