Abstract:
Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa kelas VII MTs
Daerah Aek Songsongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran ETH terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs
Daerah Aek Songsongan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan
di MTs Daerah Aek Songsongan yang beralamat di Jl. Bakti No.1 Kecamatan Aek
Songsongan, Kabupaten Asahan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII MTs Daerah Aek Songsongan yang berjumlah 82 orang.
Dengan sampel penelitian Total sampling, yakni seluruh populasi menjadi sampel.
Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, tes berupa
pretes dan postest, serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil dari penelitian ialah terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas
ekperimen (83,17) dan kelas kontrol (76,70), dapat dilihat bahwa nilai rata-rata
pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol
(83,17 > 76,70), dengan simpangan baku pada kelas eksperimen sebesar 7,562746
dan simpangan baku kelas kontrol sebesar 6,5774. Kemudian dari hasil uji t
diperoleh tHitung > tTabel (4,286 > 1,664), Maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran Everyone IsA Teacher Here (ETH) terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Daerah Aek Songsongan
Tahun Pembelajaran 2021/2022.