DSpace Repository

STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DI MTs. ULUMUL QUR’AN

Show simple item record

dc.contributor.author DAULAY, HARDIANTI
dc.date.accessioned 2022-05-17T06:42:58Z
dc.date.available 2022-05-17T06:42:58Z
dc.date.issued 2022-05-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17700
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru sejarah kebudayaan Islam di MTs. Ulumul Qur’an. Apa faktor-faktor kejenuhan yang dirasakan siswa dalam proses belajar dan cara guru mengatasi kejenuhan dalam kegiatan belajar mengajar di MTs. Ulumul Qur’an. Dan apa peran yang guru dalam proses pembelajaran selain daripada mengajar. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan metode kualitatif. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dengan observasi langsung dilapangan dan data sekunder diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para informan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) faktor yang menyebabkan siswa merasakan jenuh ketika kegiatan pembelajaran berlangsung yaitu dikarenakan siswa merasa mengantuk, capek, dan banyaknya guru memberikan tugas dan juga disekolah mencatat terlalu banyak, sehingga siswa merasa bosan mengikuti kegiatan yang seperti itu setiap kegiatan belajar berlangsung. (2) strategi guru dalam mengatasi kejenuhan yang dirasakan siswa dalam belajar dengan membawakan beragam variasi dalam mengajar seperti menerapkan mengulang materi yang lalu sebelum memasuki materi yang baru sehingga siswa tidak lupa materi itu, dan belajar disertai selingan juga candaan dan membawakan cerita yang memotivasi siswa untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran sehingga siswa merasa tertarik untuk ikut dalam kegiatan suasana belajar yang menyenangkan. (3) peran guru dalam proses pembelajaran tidak hanya sekedar mengajar seperti yang dilihat oleh siswa selama ini didalam kelas tetapi lebih dari itu, guru juga ibarat orang tua yang kedua bagi siswa untuk mendidik, membimbing, mengarahkan, menasehati, juga sebagai teladan yang baik untuk siswa. en_US
dc.subject Strategi Guru en_US
dc.subject Mengatasi Kejenuhan Belajar en_US
dc.title STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR DI MTs. ULUMUL QUR’AN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account