Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi sejarah kebudayaan Islam di kelas
VIII-1 MTs Muhammadiyah 15 Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
dimana jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Adapun populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan, sedangkan
untuk teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik total sampling, dimana
seluruh populasi dijadikan sebagai sampel, dengan menggunakan kelas VIII-1 sebagai
kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional.
Dengan penggumpulan data menggunakan dokumenasi dan tes, dimana tes
dilakukan dengan dua cara yaitu pretest dan posttest Hasil penelitian menunjukkan bahwa
rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen pada pretest adalah 67,5 dan posttest
adalah 76,09. Sedangkan kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada prettest adalah 56,8
dan posttest adalah 70,71. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa kelas VIII-1 MTs Muhammadiyah 15 Medan dengan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Hasil penelitian memberikan kesimpulan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran
sejarah kebudayaan Islam pada kelas VIII-1 dengan menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 76,09
dibanding dengan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
adalah 67,97. Maka dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
memberikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini
dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 2,331 lebih besar dari ttabel 2,048