Abstract:
Penelitian ini dibuat karena terkikisnya akhlak pada generasi milenial
disebabkan karena kenakalan-kenakalan remaja sehingga meresahkan kehidupan
masyarakat baik dalam lingkup kecil maupun besar. Sehingga hal tersebut
menjadi tantangan yang besar bagi dunia pendidikan. Rumusan masalah yang di
teliti adalah apakah pembelajaran full day school efektif dalam penanaman akhlak
siswa di Madrasah Tsanawiyah Az-Zuhri. Tujuan umum dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan tentang efektivitas pembelajaran full day school dalam
penanaman akhlak di Madrasah Tsanawiyah Az-Zuhri. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode
kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan menggunakan tekhnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, melalui kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan
nilai-nilai Islam yang disusun dalam perencanaan pembelajaran yang sesuai,
didukung oleh tenaga pendidik yang mumpuni pada bidangnya, sarana
prasaranayan memadai, dukungan dari orangtua, serta kerja sama yang baik oleh
seluruh dewan guru dan karyawan yang menjadi teladan dalam membentuk
akhlak peserta didik. Dengan akhlak yang tercermin pada peserta didik dapat
dikatakan bahwa peserta didik dapat menunjukkan sikap semangat dan senang
dalam belajar baik dirumah maupun disekolah, memiliki kepedulian sosial, dan
taat beribadah, sehingga menciptakan output yang sesuai dengan visi dan misi
sekolah yaitu menjadi generasi Islam yang cerdas intelektual, emosionaln dan
spiritual