Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran peningkatan kecerdasan
moral siswa kelas VII MTSS Pesantren Khairul Mukminin Air Joman Tahun
Pelajaran 2021/2022 sesudah diberikan layanan konseling individual dengan
teknik role model mengenai kecerdasan moral. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 3 orang siswa. Teknik Pengumpulan Data penelitian yang digunakan
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Maka
dari hasil penelitian tersebut akan terlihat bagaimana pelaksanaan layanan
konseling individual dengan role model untuk meningkatkan kecerdasan moral
siswa kelas VII MTSS Pesantren Khairul Mukminin Air Joman Tahun Pelajaran
2021/2022. Dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan, sudah cukup
berjalan dengan optimal dan meningkat, hal ini dibuktikan dan dapat dilihat dari
perubahan serta meningkatnya perilaku siswa tersebut baik di dalam sekolah
maupun di luar sekolah yaitu disiplin moral seperti datang tepat waktu ke sekolah,
tidak berbicara kasar kepada orang lain dan tidak membuat gaduh/keributan di
dalam kelas. Perubahan serta peningkatan tersebut terjadi setelah siswa
mendapatkan layanan konseling individual yang dilakukan dengan cara bertatap
muka secara langsung yang dilakukan oleh konselor dengan tujuan untuk
memberikan kesadaran mengenai dampak dari perilaku yang selama ini mereka
lakukan. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan dalam dunia
pendidikan