dc.description.abstract |
Rendahnya kecerdasan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batang Lubu
Sutam Satu Atap Kecamatan Batang Lubu Sutam. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan
konstruktivistik dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII di SMP
Negeri 2 Batang Lubu Sutam Satu Atap Kecamatan Batang Lubu Sutam Tahun
Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Adapun
populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 17 siswa dalam
satu kelas, dan sampel penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Intrumen penelitian
yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
dari penelitian dapat dilihat dari perubahan perilaku kecerdasan sosial siswa yang
meningkat yang ditunjukkan oleh siswa ketika sedang berada diluar kelas dan
didalam kelas. Siswa mendapatkan perubahan setelah diberikannya layanan
konseling individu menggunakan pendekatan konstruktivistik oleh konselor
secara tatap muka untuk memberikan sebuah kesadaran, pemahaman, dan
mengarahkan serta membimbing siswa untuk meningkatkan kecerdasan sosialnya. |
en_US |