DSpace Repository

PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATANG LUBU SUTAM SATU ATAP KECAMATAN BATANG LUBU SUTAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Show simple item record

dc.contributor.author RAMADHANI, NAZHIFAH
dc.date.accessioned 2022-02-03T01:45:46Z
dc.date.available 2022-02-03T01:45:46Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/17411
dc.description.abstract Rendahnya kecerdasan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batang Lubu Sutam Satu Atap Kecamatan Batang Lubu Sutam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan pendekatan konstruktivistik dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batang Lubu Sutam Satu Atap Kecamatan Batang Lubu Sutam Tahun Pembelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriftif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 17 siswa dalam satu kelas, dan sampel penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Intrumen penelitian yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dapat dilihat dari perubahan perilaku kecerdasan sosial siswa yang meningkat yang ditunjukkan oleh siswa ketika sedang berada diluar kelas dan didalam kelas. Siswa mendapatkan perubahan setelah diberikannya layanan konseling individu menggunakan pendekatan konstruktivistik oleh konselor secara tatap muka untuk memberikan sebuah kesadaran, pemahaman, dan mengarahkan serta membimbing siswa untuk meningkatkan kecerdasan sosialnya. en_US
dc.subject konseling en_US
dc.subject konstruktivistik en_US
dc.title PELAKSANAAN KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATANG LUBU SUTAM SATU ATAP KECAMATAN BATANG LUBU SUTAM TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account