Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui bagaimana
pengembangan modul pembelajaran pada materi himpunan dengan menggunakan
model Project Based Learning untuk siswa SMP kelas VII. Untuk mengetahui
bagaimana kelayakan pengembangan modul pembelajaran pada materi himpunan
dengan menggunakan model project based learning untuk siswa SMP kelas VII.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) yang diawali dari tahap analysis (analisis), design (perancangan),
hingga tahap development or production (pengembangan atau pembuatan produk).
Penelitian ini menggunakan instrument angket kelayakan modul pembelajaran
matematika yang disusun menggunakan skala likert. Pengumpulan data dilakukan
dengan instrumen analisis kelayakan modul yang meliputi kualitas isi, ketepatan
cakupan, project based learning, tampilan, dan bahasa. Berdasarkan hasil analisi
data diperoleh nilai rata-rata modul sebesar 3,18 dengan kriteria baik dan rata-rata
persentase kelayakan modul mencapai 80% dengan kriteria layak, sehingga modul
pembelajaran pada materi himpunan dengan menggunakan model project based
learning untuk siswa SMP kelas VII dapat digunakan sebagai bahan ajar
matematika.