Abstract:
Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan manajemenpengelolaan DanaBantuan Operasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri PayaBujok Teungoh Kota Langsa.Untuk mendeskripsikan manajemen pengelolaanDana Bantuan Operasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD SwastaAl Kautsar Kota Langsa.Untuk melihat perbedaan manajemen pengelolaan DanaBantuan Operasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri PayaBujok Teungoh Kota Langsa dan SD Swasta Al Kautsar Kota Langsa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangandengan menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Padapenelitian ini sumber data diperoleh dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah,dan bendahara,guru dan siswa.Teknik dan prosedur pengumpulan datadalampenelitian ini yaituobservasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwamanajemen pengelolaan Dana BantuanOperasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Paya BujokTeungoh Kota Langsa, dimulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaananggarandan evaluasi pelaksanaan anggaran. Manajemen pengelolaan Dana BantuanOperasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Swasta Al Kautsar KotaLangsa, dimulai dari perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran dan evaluasipelaksanaan anggaran.Perbedaan manajemen pengelolaan Dana BantuanOperasional untuk meningkatkan mutu pendidikan di SD Negeri Paya BujokTeungoh Kota Langsa dan SD Swasta Al Kautsar Kota Langsa terletak pada skalaprioritas. Di SD Negeri Paya Bujok Teungoh tidak ada skala prioritas dalammerencanakan anggaran, karena seluruh dana BOS yang dialokasikan harus sesuaidengan petunjuk teknis yang ditetapkan oleh pemerintah. Sedangkan di SDSwasta Al Kautsar Kota Langsa ada skala prioritas dalam merencanakananggaran, yaitu untuk pembayaran honor guru dapat dibiayai oleh dana BOSmencapai 50%.