Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Manajemen
Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang
dilakukan di SMA Muhammadiyah Langsa dan untuk mendeskripsikan
implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam upaya peningkatan
mutu pendidikan yang dilakukan di SMA Swasta Cut Nyak Dhien Langsa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif (qualitative research). Pada penelitian ini sumber data diperoleh dari
Kepala SMA Muhammadiyah Langsa dan Kepala SMA Swasta Cut Nyak Dhien
Langsa, Wakil Kepala Sekolah (Kurikulum, Humas, Sarana dan Prasarana), Guru
SMA Muhammadiyah Langsa dan SMA Swasta Cut Nyak Dien dan Kepala TU
SMA Muhammadiyah Langsa dan SMA Swasta Cut Nyak Dien.
Teknik dan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui
tiga cara yaitu, wawancara (interview) untuk mengumpulkan informasi berupa
perkataan lisan (verbal), pengamatan (observation) untuk memahami
sikap/tindakan yang terjadi, dan dokumentasi yang bisa berupa tulisan, gambar,
rekaman, dan lain sebagainya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian sekolah dalam memenuhi
ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan sudah tercukupi, dan kemandirian
sekolah dalam memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sudah tercukupi dan
memadai. Kemitraan/kerjasama sekolah sudah baik, hal ini dilihat hubungan
internal sekolah sudah terjalin dengan baik melalui raker, brifieng dan MGMP.
Kemitraan dengan pihak eksternal, sekolah sudah menjalin dengan lembaga
dengan dibuktikan MoU. Bentuk partisipasi dilihat melalui dukungan dana,
fasilitas dan tenaga dari stakeholder dalam penyelenggaraan program sekolah.
Transparansi sekolah sudah baik, hal ini dilihat dari keterbukaan sekolah dalam
menyampaikan informasi melalui kegiatan rapat, papan pengumuman sekolah.
Akuntabilitas sekolah dilihat dari akuntabilitas keuangan yang dilakukan dengan
membuat laporan pertanggungjawaban sekolah (LPJ sekolah).