Abstract:
Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, dimana manusia dapat membina kepribadiannya dengan mengembangkan potensi yang dimiliki sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah dan kompetensi diri terhadap kinerja guru dan disiplin kerja guru MAN se-Kota Medan. Penelitianinidilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se-Kota Medan, tepatnya di MAN 1 Medan dengan alamat jalan Williem Iskandar No.7b Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung, MAN 2 Model Medan dengan alamat jalan Williem Iskandar No.7a Kelurahan Sidorejo Kecamatan Medan Tembung dan MAN 3 Medan dengan alamat Jalan Pertahanan Patumbak No. 99 Sigara–gara Patumbak. Pelaksanaanpenelitianinipadabulan Januari – Februari 2019. Adapun penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 162 orang dan teknikpengambilansampeldilakukandengantekniktotallysampling.Hasil penelitian pada pengujian menunjukkan bahwa, terdapatpengaruh yang positi dan signifikan antara supervisikepalasekolahterhadapkompetensi guru yaknisebesar 0,305,terdapat pengaruhyang positi dan signifikan antara supervisisecaralangsungterhadapkinerja guru sebesar 0,186, terdapat pengaruh yang positi dan signifikan antara disiplinkerjaterhadapkinerja guru MAN Se-Kota Medan yakni 0,125 atau 12,5%, terdapat pengaruh positif dan signiikan antara disiplinkerjasecaralangsungterhadapkompetensidirisebesar 0,226, dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadapkinerja guru yakni 0,341 atausebesar 34,1%.