Abstract:
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian desktiktif kualitatif
dengan menggunakan metodelogi penelitian keperpustakaan (Library Research)
dengan menggunakan instrument penelitian angket berbantu google form dan
menggunakan beberapa jurnal yang relevan. Tujuan penelitia ini untuk
mengetahui manfaat dari aplikasi focusky pada pembelajaran akuntansi secara
online dimasa pandemi covid 19. Aplikasi Focusky merupakan aplikasi presentasi
yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dengan menggabungkan fitur
zoom dan path sehingga dapat menarik perhatian peserta didik dalam proses
belajar mengajar. Dengan menggunakan aplikasi focusky kita bisa memasukkan
audio, video, teks, slide, animasi dan grafik yang berkaitan dengan pembelajaran
dalam aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dengan merujuk pada angket
yang didukung oleh jurnal yang relevan menyatakan bahwa aplikasi focusky
memiliki kebermanfaatan dalam pembelajaran yang didukung secara online pada
proses pembelajaran daring. Dalam konteks ini pembelajaran secara daring dapat
meningkatkan kedisiplinan siswa, meningkatkan motivasi belajar siswa dan
belajar lebih menyenangkan. Selain itu aplikasi focusky dapat membantu guru
dalam menyampaikan penjelasan dan petunjuk pengerjaan agar mudah
disampaikan dan dapat membantu guru mempermudah menyampaikan materi
pembelajaran.