Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan aplikasi kaizala dalam
pembelajaran matematika secara daring ditengah pandemi terhadap minat belajar
matematika siswa kelas IX MTsS Bary Tarbiyah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu: siswa kelas IX dan
Guru Matematika MTsS Bary Tarbiyah.
Hasil penelitian yang diperoleh terkait efektivitas pemanfaatan Aplikasi Kaizala
dalam pembelajaran Matematika secara Daring ditengah Pandemi terhadap minat
belajar matematika siswa yaitu dari 12 respons yang diterima oleh peneliti ada
sekitar 80 % yang menyatakan bahwa proses pembelajaran daring dengan
memanfaatkan Aplikasi Kaizala berjalan secara efektif karena ini adalah aplikasi
yang mudah digunakan, tidak memerlukan banyak kuota untuk mengakses nya
dibanding aplikasi yang lainnya.