dc.description.abstract |
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran Treffinger pada materi segiempat dan
segitiga kriteria valid. Penelitian ini menggunakan pengembangan Research and
Development (R&D) model ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu analisis (analysis),
perancangan (Design), Pengembangan atau pembuatan produk (development or
production), Implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Namun di
modifikasi maka penelitian ini hanya sampai tahap implementasi (implementation) saja.
Tahapan analysis merupakan tahap pengumpulan informasi yang dapat dijadikan sebagai
bahan untuk membuat produk yang terdiri dari analisis kurikulum, analisis konsep, dan
analisis siswa. Tahapan design dilakukan dengan perancangan pembelajaran berupa
Lembar Kerja Peserta Didik dan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran serta instrument
pengumpulan data berupa lembar validasi. Tahapan development dilakukan validasi
instrument berupa angket kepada validator oleh ahli media, ahli materi, dan guru. Hasil
penelitian ini menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model pembelajaran
Treffinger untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa pada materi segiempat
dan segitiga yang valid.
Berdasarkan hasil dari angket penilaian validator Lembar Kerja Peserta Didik nilai hasil
validasi oleh ahli media sebesar 80% dengan kategori valid, ahli materi sebesar 85%
dengan kategori valid, dan guru sebesar 82% dengan kategori valid. Serta pada Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran didapat sebesar 80% dengan kategori valid. Terakhir pada
tahapan implementation hasil validasi respon siswa terhadap Lembar Kerja Peserta Didik
dengan persentase 90% dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil rekapitulasi akhir
penilaian pemahaman konsep peserta didik yaitu sebesar 80% dengan kriteria tinggi. Dan
hasil analisis tes kreativitas siswa menggunakan n-gain bernilai 0,64 dengan kategori
sedang. |
en_US |