dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Terhadap
Gaya Belajar Siswa Kelas X SMK Samudra Indosesia Medan Tahun Ajaran
2020/2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X yang
berjumlah 80 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Nautika A yamg
berjumlah 30 siswa karena kelas tersebut berdasarkan observasi dan wawancara
dengan guru BK, kelas tersebut banyak yang kurang memiliki pemahaman
tentang gaya belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang memaparkan keadaan mengenai terjadinya
pengaruh antara dua variabel. Teknik dalam pengumpulan data pada penelitian ini
dengan menggunakan angket, uji valididas dan uji reabilitas.. Layanan informasi
bidang bimbingan belajar memiliki pengaruh terhadap gaya belajar dengan nilai
thitung dibandingkan dengan ttabel, thitung> ttabel (30,08>2,048) Sebagai kriteria
hipotesis diterima atau ditolak. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji
determinasi dapat disimpulkan besar pengaruh layanan informasi bidang
bimbingan belajar terhadap pemahaman gaya belajar siswa Kelas X SMK
Samudra Indosesia Medan Tahun Ajaran 2020/2021 adalah 53,58%. |
en_US |