Abstract:
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah Pengembangan LKPD
berbasis pendekatan saintifik pada materi matriks di SMA layak digunakan ?
Bagaimanakah respon peserta didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik
pada materi matriks ? sebagai tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui
Apakah Pengembangan LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi matriks
di SMA layak digunakan. Untuk dapat mengetahui bagaimana respon peserta
didik terhadap LKPD berbasis pendekatan saintifik pada materi matriks.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and
Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri
dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap
pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada
penelitian ini peneliti hanya membatasi sampai pada tahap 3D yaitu define, design
dan develop. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar angket uji kelayakan
ahli. Berdasarkan hasil validasi dari validator diperoleh skor penilaian LKPD oleh
dua dosen ahli dan satu guru matematika dengan nilai persentase rata-rata 79%
dan dikategorikan “Layak”. Untuk respon siswa terhadap LKPD berbasis
pendekatan saintifik pada materi matriks didapatkan nilai rata-rata persentase 86%
dan dikategorikan “Sangat Baik”. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis
pendekatan saintifik pada materi matriks yang dikembangkan peneliti layak
digunakan sebagai bahan ajar tambahan untuk peserta didik.
Kata Kunci : LKPD, Pendekatan Saintifik, Matriks.