DSpace Repository

Pengaruh Layanan Konseling Individual Dengan Pendekatan Person Centered Therapy Dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Eka Pratiwi, Indah
dc.contributor.author Fauzi Hasibuan, Muhammad
dc.date.accessioned 2021-12-03T02:45:15Z
dc.date.available 2021-12-03T02:45:15Z
dc.date.issued 2021-10-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16833
dc.description.abstract Konseling individual yaitu layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik atau konseli mendapatkan layanan langsung tatap muka (secara perorangan) dengan guru pembimbing dalam rangka pembahasan pengentasan masalah pribadi yang di derita konseli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan person centered therapy untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X AP-1 SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020. Objek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kela X AP-1 SMK Negeri 1 Binjai dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan Wilcoxon Signed Rank Test. Berdasarkan pelaksanaan penelitian ini, dapat dilihat sebelum diberikan perlakuan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy, siswa masih memiliki pemahaman diri yang kurang baik, hal ini dapat dilihat dari hasil angket pretest terkait pemahaman diri siswa. Setelah diberikan perlakuan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy siswa mengalami perubahan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil angket posttest yang dilakukan. Angka probabilitas Asymp. Sig. (2-tailed) pemahaman diri siswa kelompok eksperimen sebesar 0,027 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 ( 0,027 ≤ 0,05 ). Dari hasil tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hipotesis pertama yang di uji dalam penelitian ini, yaitu Terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman diri siswa kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy. Dengan demikian dapat dikatakan bahwasanya layanan konseling individual dengan pendekatan Person Center Therapy yang diberikan kepada siswa efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa kelas XI AP-1 SMK Negeri 1 Binjai. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Konseling Individual en_US
dc.subject Person Center Therapy en_US
dc.subject Pemahaman Diri en_US
dc.title Pengaruh Layanan Konseling Individual Dengan Pendekatan Person Centered Therapy Dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Siswa Kelas Xi Smk Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account