dc.description.abstract |
Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis
multimedia pada program powerpoint Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)
PAB 19 Manunggal. Produk dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE
yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analisis (Analys), Perancangan (Design),
Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi
(Evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu dengan Validasi dan lembar angket
siswa. Adapun hasil penilaian respon siswa terhadap Media pembelajaran berbasis
Multimedia powerpoint dengan rata-rata skor total sebesar 4,4 memiliki
persentase 89% dan dapat dinyatakan “Sangat Baik“. Dan dapat diketahui hasil
kemampuan pemahaman konsep peserta didik diperoleh jumlah siswa yang
mendapat nilai di atas KKM yaitu 75 sebanyak 8 orang siswa dan jumlah siswa
yang mendapat nilai dibawah KKM 75 sebanyak 2 orang siswa. maka dapat
diperoleh kemampuan pemahaman konsep peserta didik sebesar 80% dengan
demikian dapat disimpulkan pemahaman konsep peserta didik memenuhi kriteria
“Tinggi”. |
en_US |