Abstract:
Penelitian ini dibuat betujuan untuk mengetahui metode pendidikan akhlak
menurut Syekh Umar bin Ahmad Baraja’ dalam Kitab Akhlaq Lil-Banin,
mengetahui materi pendidikan akhlak menurut Syekh Umar bin Ahmad
Baraja’dalam Kitab Akhlaq Lil-Banin dan mengetahui kelebihan dan kelemahan
Kitab Akhlaq Lil-Banin. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis
penelitiannya termasuk kepada penelitian studi tokoh, pengumpulan data adalah
menggunakan metode dokumentasi, dengan cara mengetahui metode, materi serta
kelebihan dan kekurangan pendidikan akhlak anak yang ada dalam Kitab Akhlaq
Lil-Banin yang di sajikan secara deskriptif analitik komparatif. Temuan peneliti
membuktikan bahwa ada beberapa Metode pendidikan Akhlak didalam Kitab
Akhlaq Lil-Banin yang dapat kita ketahui, diantaranya: Metode Nasihat, Metode
Kisah, Metode Dalil Naqli, Metode Latihan/Pembiasaan, Metode Keteladanan,
Metode Ibrah dan Mauidzah dan Metode Targhîb wa Tarhîb. Peneliti juga
menyajikan Materi Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Akhlaq Lil-Banin,
diantaranya: Pentingnya pendidikan Akhlak, Dasar-dasar pendidikan akhlak,
Ruang lingkup Pendidikan akhlak dan macam-macam akhlak, Serta penelitian
peneliti ini juga menjelaskan Kelebihan dan Kelemahan Kitab Akhlaq Lil Banin.