Abstract:
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (i) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer, dan (ii) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengguakan media pembelajaran multimedia interaktif berbantuan komputer di MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ta’dib Al-Muslimin Al-Syakirin yang berjumlah 33 orang, sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan dua variabel. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes (tes awal, tes tindakan I pada siklus I, dan tes tindakan II pada siklus II), dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data, dari tes awal diperoleh awal diperoleh 11 siswa (33,3%) yang mengalami ketuntasan belajar, setelah diberikan tindakan, pada akhir siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar menjadi 30 siswa (57,6%), dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 30 siswa (91,4%). Selain itu, berdasarkan hasil observasi dari seluruh siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan dalam pemecahan masalah dan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran.