DSpace Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020/2021

Show simple item record

dc.contributor.author Yahya, Isman Ali
dc.date.accessioned 2021-11-30T16:44:40Z
dc.date.available 2021-11-30T16:44:40Z
dc.date.issued 2021-10-07
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16580
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021 dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021. Populasi penelitian berjumlah 160 siswa. Sampel penelitian diambil secara random kelas sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII-2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan rata-rata 90,19 termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini disebabkan sebelum siswa menjawab postest, siswa sudah mengikuti proses metode pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Sedangkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa dengan metode ceramah dalam kategori baik dengan rata-rata 77,26. Hal ini disebabkan siswa dalam menjawab posttest tanpa adanya latihan. Selanjutnya, dari hasil analisis data diperoleh thitung 7,633, sedangkan ttabel untuk taraf signifikan 5% (α = 0,05) dengan dk 66 sebesar 1,668. Ternyata thitung > ttabel (7,633 > 1,668) telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berarti ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020-2021. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Numbered Head Together en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Simalungun Tahun Pembelajaran 2020/2021 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account