Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok
bahasan bangun ruang sisi lengkung. Penelitian ini bertujuan untuk
1)mendeskripsikan kualitas produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada pokok bahasan bangun
ruang sisi lengkung. 2) mendesripsikan hasil pengembangan Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
(PMRI) pada pokok bahasan bangan ruang sisi lengkung.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan prosedur penelitian dan
pengembangan menurut sugiyono yang telah dimodifikasi. Subjek penelitian ini
adalah peserta didik kelas IX SMP Amayatul Huda Kec. Medan, Deli Kel.
Labuhan Deli. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang dikembangkan oleh peneliti. Teknk pengumpulan data yang
digunakan adalah hasil validasidan hasil wawancara terkait tanggapan siswa
mengenai penggunaan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Prosedur pengembangan dalam penelitian ini meliputi : (1) Potensi dan masalah;
(2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validsi desain; (5) Revisi desain;
(6) Uji coba produk. Hasil validasi produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
yang dikembangkan oleh peneliti adalah 3,9 dan 4,2 dan termasuk dalam kategori
baik. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan peneliti mendapat
respon positif dari peserta didik kelas IX SMP Amayatul Huda