dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan guru pendidikan agama
islam dalam mengelola kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
islam. Penelitian ini ditujukan kepada siswa kelas VIII sebanyak 15 siswa. mengingat keterbatasan
jumlah populasi, maka seluruh populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel penelitian.
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian
survei dan untuk mengolah data penelitian digunakan teknik korelasi product moment pada taraf
signifikansi 5%. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulan data adalah angket pada
variabel X dan variabel Y.
Berdasarkan hasil uji korelasi didapat nilai signifikansi >0,05 , (0,506 > 0,05) yang
artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kemampuan guru PAI mengelola
kelas dengan variabel minat belajar siswa. adapun hasil dari uji t didapat nilai t hitung < t tabel
(0,683<2,160) yang artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan guru PAI
mengelola kelas terhadap minat belajar siswa.
Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 0,035, yang artinya
pengaruh yang diberikan oleh variabel pengelolaan kelas terhadap minat belajar adalah sebesar
3,5%, sedangkan 96,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, sehingga dapat disimpulkan
bahwa untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar PAI, dapat dilakukan oleh
guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik, oleh karena itu guru harus memiliki
kemampuan dalam mengelola kelas. |
en_US |