Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran
pemasaran tandan buah segar kelapa sawit rakyat, untuk menganalisis marjin
pemasaran, share margin dan efesiensi pemasaran tandan buah segar kelapa sawit
rakyat di daerah penelitian. Data yang digunakan berupa data primer yang
diperoleh dari petani dan pedagang kelapa sawit. Analisis data menggunakan
analisis saluran pemasaran, marjin, share margin dan efesiensi pemasaran.
Terdapat dua bentuk saluran pemasarankelapa sawit pada penelitian ini yaitu :
petani – Pedagang Pengumpul – RAM – Pabrik dan petani – RAM – pabrik. Hasil
penelitian yang dilakukan di daerah penelitian menunjukkan share margin pada
saluran pertama sebesar 87,36% dengan marjin pemasaran Rp240 dan share
margin pada saluran pemasaran kedua sebesar 93,15%. dengan marjin pemasaran
sebesar Rp130. Efesiensi pemasaran pada setiap saluran pemasaran termasuk
dalam katagori efesien karena nilai efesiensi dibawah 50% yaitu dengan nilai
efesiensi setiap saluran pemasaran sebesar 7,89% pada saluran pertama dan 3,24%
pada saluran kedua. Saluran pemasaran kedua dianggap lebih efesien dibanding
saluran pemasaran pertama.